Get paid To Promote at any Location

Senin, 19 Januari 2009

Pulau Simeuleu Tengah Naik 1 Meter


Gempa Simeuleu, Aceh, Rabu (20/2) pukul 15:08 WIB melepaskan semua energi yang tersimpan di segmen itu, sehingga memicu Pulau Simeuleu bagian tengah naik hampir satu meter.

"Sisa-sisa energi di sana sekarang ini sudah dilepas," kata Pakar Geologi Tektonik dari Puslit Geoteknologi LIPI Dr Danny Hilman Natawidjaja, di Jakarta, Kamis (21/2).

Ketika gempa Aceh berkekuatan 9,2 SR pada 26 Desember 2004, Pulau Simeuleu bagian utara naik 1,5 meter, lalu ketika gempa Nias 8,7 SR pada 2005 giliran Simeuleu bagian selatan yang naik 1,5 meter.

Kedua gempa besar itu, ujarnya, sedikit sekali mempengaruhi daerah tengah tersebut, namun "Simeuleu Saddle" itu selama ini diketahui masih menyimpan energi dan diperkirakan akan pecah dalam waktu dekat.

"Kemarin (Rabu) semua energi di sana telah dilepas, gempa 7,3 SR (bukan 6,6 SR -red) tepat berada di Pulau Simeuleu bagian tengah. Jika dilihat dari samping, Pulau Simeuleu sekarang sudah kembali lurus (ketinggiannya -red)," katanya.

Menurut dia, sepanjang Aceh-Nias ada sekitar delapan segmen patahan besar termasuk patahan Sumatera di darat yang masih memiliki potensi untuk menimbulkan gempa sampai 7 MW.

Ditanya soal segmen-segmen patahan di perairan barat Bengkulu seperti segmen Mentawai, menurut dia, masih banyak memiliki potensi energi yang bisa memicu gempa sampai 8,9 MW.

"Waktunya saya tidak tahu. Tapi memang tahunan bahkan lebih dari 10 tahun bisa juga. Makanya yang kita perlukan adalah kesiapsiagaan terhadap bencana," katanya.

Sebelumnya BMG mengumumkan telah terjadi gempa Rabu (20/2) pukul 15:08:32 WIB pada titik lintang dan bujur 2.58 LU - 95.99 BT, 42km BaratLaut Sinabang-NAD di kedalaman 30km, berkekuatan 6,6 SR.

Namun kemudian kekuatan gempa yang menelan tiga korban tewas itu diralat BMG menjadi 7,3 SR, sementara itu US Geological Survey (USGS) menyebutkan kekuatan gempa tersebut sebesar 7,4 MW. [TMA, Ant]

sumber:
http://gatra.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar